WIRAUSAHAWAN YANG JUJUR

WIRAUSAHAWAN YANG JUJUR
W
irausaha adalah  seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usaha/bisnis maupun hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan, mengelola dan mengendalikan semua usahanya.
MANFAAT SEORANG WIRAUSAHAWAN YANG JUJUR
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjadi seorang wirausahawan yang jujur.

Jujur dalam berwirausaha artinya mau dan mampu mengatakan sesuatu sebagaimana adanya, cara-cara berwirausaha yang baik dan benar, tidak membohongi pelanggan, konsumen, mitra bisnis, dan sebagainya.

Selain mendapatkan pahala yang besar di akhirat kelak, seorang pengusaha yang jujur juga akan diberkahi dalam muamalahnya atau dalam jual belinya tetapi jika mereka tidak jujur maka Allah akan mencabut keberkahan tersebut dari keduanya, sebagaimana disabdakan oleh Rasululloh Solallohu älaihi Wa sallam : , “Kalau keduanya (pedagang dan pembeli) bersifat jujur dan menjelaskan (keadaan barang dagangan atau uang pembayaran), maka Allah akan memberkahi keduanya dalam jual beli tersebut. Akan tetapi kalau kaduanya berdusta dan menyembunyikan (hal tersebut), maka akan hilang keberkahan jual beli tersebut”. (HR al-Bukhari (no. 1973) dan Muslim (no. 1532).

Wirausaha harus dapat memanfaatkan waktu dan memandang waktu sebagai organisasi, kekuasaan, nilai uang dan ukuran atas usaha yang dijalankan. Seorang wirausaha juga harus mampu berkomitmen terhadap seluruh apa yang telah dilakukanya, mengutamakan mutu produk yang dihasilkan dengan satu tujuan yaitu agar konsumen dapat terpuaskan kebutuhannya .

Komitmen tinggi harus ditanamkan pada diri wirausaha agar dapat mengendalikan diri dengan cara-cara tabah, ulet, disiplin, dan mampu bekerja sama dengan orang lain.

Didalam Al-Quran, Allah Subhanahu Wataäla berfirman : “Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.” (QS. Al Muthoffifin: 1-3).

Pernah suatu saat Rasulullah ditanya oleh para sahabat, “pekerjaan apa yang paling baik ya Rasulullah ? Rasulullah menjawab, seorang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang bersih.” (HR Al Bazzar)
Pedagang yang jujur lagi terpercaya adalah bersama – sama Nabi, orang – orang shadiqin, dan para syuhada (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Perhatikan olehmu sekalian, sesungguhnya perdagangan itu di dunia ini adalah sembilan dari sepuluh pintu rezeki (HR Ahmad)
Hadis – hadis di atas memperlihatkan bagaimana kewirausahaan merupakan aktifitas yang inhern dalam ajaran Islam. Sedemikian strategisnya kedudukan kewirausahaan dan perdagangan dalam Islam, hingga teologi Islam itu dapat disebutkan sebagai “teologi perdagangan” (commercial theology). Hal tersebut dapat dilihat dalam kenyataan bahwa hubungan timbal balik antara Tuhan dan manusia bersifat perdagangan , Allah adalah Saudagar sempurna. Ia (Allah) memasukkan seluruh alam semesta dalam pembukuan-Nya. Segalanya diperhitungkan, tiap barang diukur. Ia telah membuat buku perhitungan, neraca – neraca, dan Ia (Allah) telah menjadi contoh untuk berbisnis secara jujur.

AKIBAT SEORANG WIRAUSAHAWAN YANG TIDAK JUJUR
Akibat dari ketidakjujuran dalam berwirausaha adalah :
  1. Tidak di percayai oleh masyarakat
  2. Merasa rendah diri (malu)
  3. Emosi dan mudah tersinggung
  4. Cepat iri, dengki dan suka dendam
  5. Selalu berprasangka buruk, dusta, sehingga tidak punya teman
  6. Dijauhi oleh rekanan bisnis serta
  7. Kehancuran dalam usahanya. 
SEPENGGAL KISAH
Kegigihan Abdul Mukti, Antara Becak dan Kios Bensin Kejujuran
Kediri - Abdul Mukti (56) bukan aktivis atau politikus. Bukan pula ahli hukum. Tapi ia mampu menggemakan semangat kejujuran. Bukan sekadar omongan, melainkan tindakan. Perilaku sederhana Pak Mukti, panggilan Abdul Mukti Raharjo, patut jadi inspirasi.
Sambil memegang buku catatan, Pak Mukti tampak menata botol-botol bensin di rak di depan rumah yang dijadikan toko anaknya, Jl Veteran Mojoroto, Kediri. Di rak warna biru itu tertulis 'Kejujuran'. Apa artinya?
'Ambil sendiri', 'Bayar dengan pas dan masukkan ke dalam toples', demikian tulisan di dekat rak. Itu artinya, pembeli diwajibkan melayani diri sendiri. Bukan karena si penjual tak mau repot, melainkan untuk melatih kejujuran.

"Saya tetap bertahan dengan pola itu, meski ada saja orang yang tidak membayar atau bahkan mengambil uang di tempatnya," kata Pak Mukti sambil tersenyum seolah menertawakan orang-orang yang mengusili kiosnya.

Kios itu didirikan pada tahun 2011 silam. Pak Mukti tergugah setelah melihat pemotor kesulitan mencari bensin di tengah malam. Kemudian, ia berinisiatif membuat kios bensin 24 jam. Sebuah toples disediakan di dekat rak sebagai tempat pembayaran.

Jika dihitung untung rugi, jelas Pak Mukti tak mungkin melanjutkan 'pendidikan' kejujuran tersebut. Sebab, sejak berdiri, kios itu kerap jadi sasaran keusilan orang. Ada yang membayar tapi uangnya kurang, ada yang membayar dengan uang palsu, dan ada juga yang malah mengambil uang di toples.
Pak Mukti tak menyerah. Ia tetap mempertahankan kiosnya. Bahkan sejak harga BBM bersubsidi naik, ia berinovasi. Pria berambut gondrong itu menjual bensin seharga Rp 2 ribu hingga Rp 9 ribu. Tentu saja, harga itu disesuaikan dengan isi botol.

"Ini untuk menyesuaikan harga saja, khususnya anak sekolah," tutur pria beranak 3 ini sambil tersenyum tipis. Depan rumah Pak Mukti adalah SMKN 2 Kediri. Wajar jika Pak Mukti mempertimbangkan faktor harga dalam berinovasi.

Seberapa kaya Pak Mukti sehingga mau merugi bertahun-tahun? Sekadar ilustrasi, Pak Mukti bekerja sebagai penarik becak. Ia duda dan tinggal bersama anak yang membuka toko kelontong di rumah. Sehari-hari, selain menarik becak, pria lulusan SMA itu aktif berolahraga terutama beladiri.
Pak Mukti memang tak menghitung untung rugi. Juga tak berpikir tentang pencitraan. "Ini soal melayani sesama," kata Pak Mukti. Kali ini Pak Mukti tak tersenyum, tapi tetap santai. Dan yang jelas tak terkesan dibuat-buat.

Sumber cerita : detikNews

2 komentar:

  1. Are You In Need Of A Private Or Business Loans At 2% Rate For Various
    Purposes? If Yes; Contact us: opploansLLC@gmail.com Website: https://opploansllc.wixsite.com/website


    *Full Name:_________

    *Address:_________

    *Tell:_________

    *loan amount:_________

    *Loan duration:_________

    *Country:_________

    *Purpose of loan:_________

    *Monthly Income:__________

    *Occupation__________

    *Next of kin:_________

    *Email :_________

    Best regards
    Managements
    Contact us: opploansLLC@gmail.com
    Website: https://opploansllc.wixsite.com/website

    BalasHapus
  2. Are You In Need Of A Private Or Business Loans At 2% Rate For Various
    Purposes? If Yes; Contact us: opploansLLC@gmail.com Website: https://opploansllc.wixsite.com/website


    *Full Name:_________

    *Address:_________

    *Tell:_________

    *loan amount:_________

    *Loan duration:_________

    *Country:_________

    *Purpose of loan:_________

    *Monthly Income:__________

    *Occupation__________

    *Next of kin:_________

    *Email :_________

    Best regards
    Managements
    Contact us: opploansLLC@gmail.com
    Website: https://opploansllc.wixsite.com/website

    BalasHapus