Menyelaraskan Berwirausaha Di Dunia dengan Kehidupan Akhirat


Setiap manusia memerlukan harta dan kekayaan yang sekecil apapun untuk mencukupi berbagai kebutuhannya. Karena hal itu, akhirnya manusia selalu berusaha untuk mendapatkan apa yang ia harapkan, dan salah satunya adalah harta kekayaan, manusia berlomba-lomba bekerja untuk mencukupi kebutuhannya. Oleh karena itu Islam kemudian mewajibkan kepada umatnya untuk senantiasa bekerja dalam memenuhi segala kebutuhan hidup mereka.

Dalam hal mencari nafkah, umat Islam dituntut mencari karunia yang telah diturunkan oleh Allah di muka bumi ini. Karena di alam raya ini Allah telah menyediakan berbagai kebutuhan manusia untuk kehidupan mereka.



Kita hidup tidaklah semata untuk diri sendiri, tetapi kita hidup dan bekerja pada hakikatnya untuk kepentingan bersama atau demi orang lain. Bila semakin bermanfaat diri kita bagi orang lain, maka akan bertambah baiklah nilai kehidupan kita sebagai hamba Allah. Karena itu, selayaknya bila kita hidup untuk selalu berusaha memberikan keuntungan bagi orang lain, bekerja untuk membantu, memberi dan melayani orang lain.

Tidak ada komentar