Mimpi Besar, Mulai dari yang Kecil


Ketika memulai sebuah bisnis, setiap pengusaha akan bermimpi usaha tersebut akan tumbuh menjadi sukses dan membawa keuntungan besar. Namun, hal tersebut tidak semudah kedengarannya. Realitanya  dalam memulai bisnis ada saat nya akan muncul rasa putus asa, ketika bisnis yang kita jalani berjalan lambat dan semua harapan akan hilang. Akan ada disaat-saat ketika Anda memiliki keraguan tentang mengapa Anda masuk kedalam dunia bisnis.

Anda harus melihat kewirausahaan atau membangun bisnis seperti seorang anak yang sedang belajar untuk berjalan. Anak awalnya akan jatuh dan tersandung, sebelum ia dapat menguasainya. Secara bertahap, ia bisa berjalan dan bahkan lari.

Begitu juga dalam hal berbisnis; di hari pertama mungkin Anda tidak mendapatkan seorang kostumer, atau Anda dapat membuat kesalahan dalam perjalanan yang akan mengancam keberadaan bisnis Anda, atau Anda mungkin memiliki hari-hari ketika Anda harus mengejar pelanggan sebelum semuanya berjalan dengan lancar.

Jadi, apa cara terbaik untuk memulai usaha ?
  • Mindset atau Pola Berpikir
Ialah modal utama dalam bisnis yang paling menguntungkan, terserah mau usaha apapun itu! Apakah mindset itu? Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa mindset merupakan “dasar” dari segala dasar cara bisnis sukses, Jika tanpa cara atau pola berpikir yg benar maka mustahil seseorang dapat merasakan kesuksesan usahanya. Pengusaha pasti memiliki sebuah visi jauh ke depan tentang apa yang ingin dicapainya dalam jangka 5, 10, 15 atau 20 tahun ke depan.
  • Mulai dari Kecil
Mulai sekecil mungkin. Dengan kata lain, menetapkan produk apa yang Anda ingin jual. Hal ini mengacu pada versi yang paling dasar dari produk atau layanan yang dapat Anda tawarkan. Ini memberi Anda kesempatan untuk memahami apa yang diinginkan pasar dan meningkatkan dari sana.
  • Pengetahuan dan Membongkar Ide
Sangat mustahil seseorang pemula dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya jika dia tidak memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu yg berhubungan dengan usaha tersebut. Seorang pengusaha memiliki jiwa mau “belajar” untuk meningkatkan pengetahuan atau keahliannya dan itu membutuhkan waktu. Dalam proses belajar itulah terjadi transformasi nilai dimana dulu tidak mengerti sekarang menjadi mengerti atau dahulu tidak bisa sekarang menjadi bisa. Ini berarti, “jangan takut untuk mencoba ide-ide baru dan takut gagal".
  • Belajar dari Setiap Tahap Aspek
Ketika Anda tidak mampu belajar dari setiap aspek, maka kemungkinan hal yang terjadi adalah krisis manajemen akan menunggu Anda.

Untuk itu dalam membangun mimpi yang besar tersebut, mulailah dari yang terkecil. Sehingga bisnis yang dijalani akan tumbuh dan berjalan dengan baik.
  • Kerja Keras
Kerja keras adalah “napas” seorang pengusaha. Usaha apapun bentuknya, tak akan dapat bertahan dan berkembang tanpa adanya kerja keras. Anda bisa melihat atau membaca kisah sukses para wirausahawan dan kerja keras pasti ada dalam kamus sehari-hari mereka. Siang malam, para pengusaha itu akan selalu memikirkan cara bagaimana mengembangkan bisnis yang mereka geluti. Jika hari ini gagal maka mereka yakin beberapa saat kemudian usahanya pasti akan berhasil menuai keuntungan seperti harapannya. Pengusaha sukses tak kenal istilah putus asa dan patah semangat, mereka menyukai tantangan, mereka siap menghadapi tantangan dan mereka memiliki keyakinan dapat mengatasi tantangan dalam menjalankan bisnisnya.

Tidak ada komentar