6 CARA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS




“anda tidak dibayar oleh waktu yang anda punya, tapi anda dibayar oleh nilai yang anda berikan terhadap waktu tersebut”
Sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara meningkatkan produktifitas untuk hidup yang lebih baik.
Produktifitas adalah suatu penyakit umum yang sangat mengganggu kita. Produktifitas tidak sama dengan sibuk. Sibuk belum tentu produktif, tapi produktif sudah pasti menyibukkan anda dan memakan waktu anda, tapi memiliki hasil yang besar dan maksimal.
Ada 6 cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktifitas, yaitu:

1. The clearty Goal (Goal yang jelas)
Semakin jelas goal anda, semakin mudah anda berfikir, bertindak, dan mengarah kepada pencapaian-pencapaian penting dalam hidup anda. Memiliki goal sangat penting daripada tidak memiliki goal sama sekali. Goal adalah patokan dimana anda mengejar ke satu titik, dimana dititik itu anda bisa mensetting ulang titik yang lain. Langkah pertama ini adalah langkah sederhana yang anda harus mulai bangun dalam hidup anda. Ciri-ciri orang yang memiliki goal yang jelas adalah dia memiliki buku agenda. Dia mencatat hal-hal yang ingin dia capai.

2. Rencana dimalam hari
Ini adalah aktivitas yang mungkin terlupakan oleh anda. Jika anda merencanakan sesuatu, sesungguhnya anda sudah menang dari sebagian pejalanan. Jika anda tidak merencanakan sesuatu, sesungguhnya anda merencanakan kegagalan anda sendiri. So, tugas anda dimalam hari adalah membuat rencana, membuat action list, mulai dari besok bangun tidur sampai malam harinya apa hal yang ingin anda capai, apa yang ingin anda lakukan, urutkan berdasarkan prioritas. Rencana dimalam hari ini harus anda bangun. Ketika anda mempraktekkannya anda akan melihat hasilnya.

3. Katakan “tidak” untuk hal-hal diluar goal anda
Mengatakan tidak untuk tawaran-tawaran itu lebih sulit daripada menerimanya. Produktifitas terganggu akibat anda keluar dari jalur yang telah anda atur dimalam hari. Saatnya katakana tidak untuk hal-hal diluar goal anda. Saat anda bisa melakukan hal ini, maka hidup anda akan teratur lagi, akan terukur lagi. Contoh, saat anda ingin mengerjakan tugas, tiba-tiba teman anda telepon mengajak untuk makan siang sambil nonton gratis alias ditraktir. Ini adalah tawaran yang kelihatannya menarik, tapi ketika anda mengatakan yes, maka anda akan keluar dari prioritas yang telah anda susun tadi.  So, mulai hari ini katakan tidak pada hal-hal diluar goal anda, diluar prioritas yang ingin anda capai.

4. Set a new standar
Manusia adalah makhluk harapan. Dia ingin mengejar satu titik, kemudian dia punya masalah dititik itu. Masalahnya adalah dia cenderung sepele dan menganggap remeh hal-hal yang telah dia capai. Contohnya adalah, ketika anda ingin bisa mengendarai sepeda motor waktu anda kecil, ketika anda sudah bisa memakainya, mengendarainya, dan menggunakannya dengan baik, maka anda cenderung sepele dengan sepeda motor itu. Padahal diawal, itu adalah impian terbesar anda, cita-cita anda. Saat anda melihat orang lain bisa mengendarai motor, anda juga ingin seperti itu, namun saat sampai dititik itu, anda cenderung menyepelekannya. Nah, dititik itulah strategi keempet ini berjalan, set a new standar. Anda harus menaikkan standard lagi, sehingga anda bisa mengejar hal baru setelah hal yang tadi anda dapatkan. Didunia usaha contohnya, ditahun 2015 saya pernah punya omset misalnya 1M, ditahun 2016 saya harus punya target lebih dari itu. Ketika itu tidak tercapai maka saya akan stuck, dan tidak akan improve lagi. Anda bisa menargetkan set a new standard setiap 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, atau setahun sekali. Itu bisa menjadi target anda untuk set a new standard dalam hidup anda, bisnis anda, dan level leadership anda.

5. Tinggalkan lingkungan yang melemahkan
“Berikan saya sepuluh teman anda maka saya  akan memperlihatkan masa depan anda”. Anda harus meninggalkan lingkungan yang melemahkan, teman-teman yang tidak produktif, dan teman-teman yang tidak mensupport impian positif anda. Anda harus berani meninggalkannya, anda harus membentuk lingkungan yang baru. Ada 2 cara untuk menghadapi lingkungan anda, yang pertama anda harus memimpin perubahan dalam lingkungan itu kalau lingkungan itu negatif, yang kedua adalah jika anda tidak mampu untuk memimpinnya, anda harus keluar dari lingkungan itu dan membentuk lingkungan yang  baru. Level kepemimpinan anda, akan menerik orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama. Lingkungan yang mendukung akan semakin mendukung produktifitas anda dan semakin mempercepat keberhasilan anda.

6. Disiplinkan pikiran anda
Disiplin dalam tindakan sudah sangat familiar, tapi disiplin dalam pikiran adalah tips yang paling powerfull  yang dapat digunakan untuk merubah hidup menjadi lebih produktif lagi. Ketika anda bisa mendisiplinkan pikiran anda maka otomatis tindakan anda akan ikut disiplin. Disiplin pemikiran ini contohnya adalah anda tidak memikirkan hal-hal yang tidak penting diluar dari goal dan prioritas anda. Ketika anda  bisa mendisiplinkan hal ini, maka perubahan hidup akan lebih cepat, karena semua mayoritas permasalahan berasal dari pikiran yang menggantung, hayalan-hayalan negative, sehingga menggangu prioritas anda. Ketika hal ini anda bisa atur, maka anda akan semakin besar dan semakin hebat lagi.

Albert Einstein berkata, “Cuma orang gila yang ingin hasil berbeda tapi melakukan hal yang sama”. Buat hal-hal yang berbeda dalam hidup anda maka anda akan mendapatkan hasil yang berbeda.

Sumber : syafiiefendi.com

Tidak ada komentar