Membangun Kedai Kopi Kecil-Kecilan Itu Simple


Dewasa kini, kita terkadang masih bingung menentukan passion kita lebih dominan terhadap apa dan bagaimana. Kita tidak tahu bagaimana menilai apa kemampuan yang kita miliki  dan bagaimana caranya mencari uang. Namun, jangan merasa bingung, di mana ada masalah pasti ada solusi. Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana menentukan bakat dan minat pribadi, mengapa tidak berani mencoba berwirausaha? Misalnya dengan membuka kedai kopi? Atau produk minuman lainnya?
            Melakukan wirausaha adalah salah satu hal yang terkadang memang ditakuti banyak orang. Mereka tidak mengetahui bagaimana cara memulai dan mempromosikan produk atau jasa yang mereka punya. Orang yang baru memulai bisnis juga tidak mendapatkan penghasilan pasti.
            Bisa sesuai harapan, namun di sisi lain jauh dari keinginan. Dalam berwirausaha atau berbisnis pun juga harus berani menanggung risiko jika terjadi bangkrut. Apalagi jika memulai dari awal dan tanpa adanya dorongan modal sama sekali. Berbisnis memang harus memiliki mental dan pikiran yang kuat.
            Bisnis sendiri sebenarnya memiliki manfaat dan kepuasan tersendiri untuk para wirausaha. Berwirausaha adalah satu hal yang menunjukkan keberanian diri sendiri dan orang lain. Tentunya dalam hal ini adalah mempekerjakan orang lain dan memberikan upah. Dengan kelebihan tersebut, wirausahawan sama saja menciptakan lowongan pekerjaan untk para pengangguran.
            Seorang wirausaha harus tahu betul bagaimana caranya mengelola uang masuk dan keluar. Selain itu, pewirausaha juga harus memiliki strategi khusus untuk memasarkan produknya. Bagi Anda yang ingin berwirausaha, tidak perlu terlalu mengambil pusing produk atau jasa apa yang dijual dan berapa banyak modal yang akan dikeluarkan. Lalu bagaimana solusinya dalam memulai bisnis? Dan bagaimana cara mengelolanya?
            Hal pertama yang akan kalian lakukan dalam membuka usaha, yaitu tentukan produk yang akan kalian pasarkan. Dalam menentukan produk sendiri jangan sembarang memilih yaaa! Kalian harus tahu segmentasi pasar dan target lingkungan kalian. Misalnya, kalian ingin menjual jas hujan dengan bahan yang bagus dan motif yang menarik saat musim kemarau. Apa mungkin usaha tersebut berhasil? Jadi, secara logika kalian harus memiliki rencana yang matang untuk menjual atau memasarkan produk dalam jangka waktu yang panjang.
            Untuk menarik perhatian pembeli, tentu kalian harus memiliki brand tersendiri. Yap! Ayo lakukan brainstorming dan mapping. Setelah menentukan produk, maka sebaiknya Anda segera mencari nama unik, baik berhubungan dengan produk maupun tidak. Tips memilih nama tersebut adalah mudah dihapal dan mudah diingat pembeli. Mau dong sewaktu-waktu nama bisnis kalian terus disebut kareka keunikan produk dan nama? Oleh karena itu, cari nama yang menjual yaah!
            Lalu berikutnya, membuat testimoni. Guys! Jangan takut rugi yaaah! Untuk mempromosikan produk yang akan kalian jual, kalian biasa lho berbagi secara cuma-cuma. Tidak hanya secara cuma-cuma, kalian bisa meminta penilaian orang yang memanfaatkan produk tersebut. Dari penilaian itu, tentu kalian bisa menambah ide kreatif dalam mengembangkan produk.
            Setelah mengembangkan ide kreatif  Anda tidak perlu memusingkan untuk memilih tempat dan mempekerjakan berapa banyak orang. Anda bisa memulai dari rumah sendiri tanpa karyawan terlebih dahulu. Nah, jika dirasa penghasilan sudah cukup memuaskan, Anda mulai bisa memikirkan target tempat dan jumlah karyawan yang akan dipekerjakan.


Sumber: artikel warung kopi wirausaha

Tidak ada komentar