Seberapa Penting sih Kemampuan Wirausaha Bagi Generasi Muda ?




UKMWIRAUSAHAPNUP.ORG - Wirausaha adalah seseorang yang melakukan aktifitas dengan pandai atau berbakat untuk mengenalkan sebuah produk baru kepada konsumen dan mampu mengembangkan produk baru serta mampu mengatur permodalannya.

Mengapa wirausaha penting bagi generasi muda?. Karena generasi muda adalah penerus untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Seiring berkembangnya zaman maka akan semakin menambah jumlah populasi manusia di Indonesia dan akan semakin tinggi pula jumlah pengangguran manusia pada usia produktif karena kesulitan dalam mencari lapangan pekerjaan. Setiap orang sepatutnya harus berfikir panjang tentang masalah lapangan pekerjaan ini, karena sudah pasti pekerjaan di cari hanya untuk mendapatkan uang  agar mampu bertahan hidup dan juga memperbaiki kualitas ekonomi bagi seorang individu maupun berkeluarga dan juga untuk meningkatkan pendapatan perkapita suatu negara.

Perlu kita ketahui bahwasannya kondisi masyarakat Indonesia saat ini sangat vital bagi bangsa, di tengah bangsa yang berlimpah kekayaan sumber daya alam, rakyatnya sendiri  masih banyak yang menjadi buruh. Oleh karna itu kita sebagai masyarakat yang berpendidikan jangan hanya mencari pekerjaan, akan tetapi kita juga harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Banyak ide-ide dari para usahawan, hanya tergantung kita bagaimana cara mengaplikasikannya agar menjadi karya yang inovatif. Kemampuan kewirausaan dapat kita peroleh dari berbagai pelatihan-pelatihan, seminar, atau dengan berinteraksi langsung kepada pelaku wirausaha. Dengan itu kita bisa terjun dalam dunia USAHA yang sangat luas. Meningkatnya mental generasi muda dalam berwirausaha adalah salah satu cara untuk membangun jiwa yang tangguh,. Karena walaupun seoorang memahami strategi wirausaha akan tetapi dia tidak berani terjun kedalam dunia usaha, maka proses wirausahapun tidak akan terwujud.

Indonesia dipandang sebagai potensi tertinggi pasar bagi dunia industri. Di samping itu, jika dilakukan pengelolaan dan pengembangan ketrampilannya, SDM Indonesia akan menjadi kekuatan yang besar bagi pembangunan negara dan tawar menawar di mata dunia. Oleh karena itu banyak peluang bagi para pemuda Indonesia untuk mencari lapangan pekerjaan maupun membuka wirausaha dan mengembangkannya. Namun perlu diingat, pertumbuhan jumlah wirausahawan harus didukung oleh lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Karena pendidikan paling penting untuk memberi modal dasar bagi para wirausahawan yang bekerja dengan menggunakan ide dan kreativitas.

Peran perguruan tinggi disini sangat membantu untuk mendorong pertumbuhan kewirausahawan. Siklus yang terjadi ketika seorang akan membuka usaha dan ia memiliki pendidikan maka akan membantu meningkatnya wirausahawan dari kalangan pemuda terutama kalangan sarjana dan akan membantu mengurangi pengangguran, serta akan menambah jumlah lapangan pekerjaan.

Untuk memberdayakan para pemuda indonesia agar bisa maju, mandiri dan bisa sejajar dengan negara maju lainnya, kita perlu membangun intelektualitas pemuda dengan pembangunan iptek, kedua, membentengi para pemuda dengan dasar keagamaan yang tinggi, dan yang ketiga, membangun kepekaan jiwa wirausaha di kalangan pemuda. Maksud dari kepekaan disini adalah bagaimana pemuda harus menjadi orang yang maju untuk masa depannya. Kemandirian pemuda bisa dicapai dengan membangun jiwa kewirausahawan, rasa kebersamaan dan solidaritas.

Menggalang rasa solidaritas bisa dilakukan lewat kegiatan atau mengikuti organisasi kemahasiswaan, sekaligus menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan pemuda Indonesia yang saat ini di rasa mulai luntur karena perkembangan zaman dan derasnya arus globalisasi.

Tidak ada komentar