3 HAL YANG PERLU DILAKUKAN DALAM MEMULAI USAHA



UKMWIRAUSAHAPNUP.ORG - Jika kamu termasuk orang yang ingin membuka usaha sendiri, 3 hal penting ini harus kamu perhatikan dan lakukan sebelum memulai usaha!
  • Menentukan jumlah modal yang dibutuhkan secara rinci dan jelas
Setiap usaha tentu membutuhkan modal baik itu kecil ataupun  besar. Agar suatu usaha dapat berjalan terus-menerus, diperlukan suatu manajemen modal yang baik. Unutk mewujudkan hal ini tentu kita sebagai pelaku atau pemiik usaha harus pandai-pandai dalam menentukan modal, baik itu dalam segi sumber, jumlah yang di perlukan, maupun pengembalian modal itu semua wajib kita data secara terperinci dan sistematis agar kita mampu menekan persentase kendala dalam menjalankan usaha kita nantinya.
  • Mengenali target usaha yang akan dijalankan
Dalam usaha pastinya mengharapkan keuntungan dan kepopuleran berusaha. Bagaimanakah cara kita agar dapat meraih kedua hal tersebut? Sebelum menjalankan usaha alangkah baiknya kita mengenali apa yang menjadi target dalam usaha yang ingin kita capai. Target disini dapat berupa keuntungan, atau pelanggan. Hal yang perlu dipikirkan pertama kali adalah pelanggan tujuan usaha kita, besar kecilnya keuntungan yang kita dapatkan itu dipikirkan belakangan, sebab pelanggan merupakan factor penentu jumlah keuntungan yang diraih. Cara agar kita mendapatkan pelanggan adalah menentukan segmentasi pasar dengan metode SES (Social Economic Status). 
  • Miliki ide dan konsep dalam mengembangkan usaha.
Sebelum memulai usaha alangkah baiknya kita mengetahui dan memiliki ide dan konsep usaha agar usaha yang kita jalankan dapat berkelanjutan jangka panjang. Bagai mana cara melakukannya? Kita dapa melakukan observasi pada usaha yang konsepnya sejenis kemudia membuat konsep yang berbeda dari hasil observasi. Apalagi dalam memulai jenis usaha yang berskala besar namun memiliki banyak saingan pasar, disinilah perlunya ada ide pembeda dengan pesaing-pesaing yang lain. Jika ide dan konsep sudah ada maka teruslah kembangkan kedua hal itu agar usaha yang dijalankan semakin menarik dan tidak kehabisan pelanggan. Metode pemasaran juga termasuk dalam konsep yang usaha, dengan mempertimbangkan peluang yang ada maka akan timbul ide gagasan yang menarik dan berguna.


Tidak ada komentar