CARILAH KEGAGALAN SEBANYAK-BANYAKNYA (KEGAGALAN ADALAH MOTIVASI TERHEBAT)


UKMWIRAUSAHAPNUP.ORG - Bob Sadino adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Pekerjaan pertama yang dilakoni Bob Sadino setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp.100.
Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob-lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang. Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.
Catatan awal tahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton.
Semasa hidupnya dan setiap kesuksesan yang dia raih, Om Bob memiliki nilai-nilai kehidupan dan prinsip kerja yang tangguh sehingga mengangkat namanya dan bisnisnya juga. Sebagai entrepreneur sejati, dia memiliki gaya yang nyentrik dengan pola pikir unik dan cenderung keluar dari landasan teori maupun buku teks ekonomi. Keberhasilannya dalam segala macam bisnis dalam kesederhanaannya menjadikan Om Bob menjadi motivasi bagi para pebisnis.
Om Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Dia dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang.
Dia berpendapat bahwa, kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga dia tidak segera melangkah. Dia berkata, “Yang paling penting tindakan.”
Menurut Om Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain. Sedangkan Om Bob selalu rendah hati terhadap pelanggan dan mau mendengarkan saran serta keluhan yang disampaikan oleh para pelanggan. Dengan sikapnya yang legowo itu, Om Bob meraih simpati dari para pelanggannya dan mampu menciptakan pasar. Menurutnya, kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu ia selalu berusaha melayani pelanggan sebaik mungkin.
Om Bob menempatkan perusahaannya seperti keluarganya sendiri. Semua anggota keluarga dalam perusahaannya harus saling menghargai, tidak ada yang utama dan semuanya memiliki fungsi serta kekuatan.
Kata-kata Om Bob dalam setiap kesempatan ketika memberikan motivasi atau seminar-seminar pantas menjadi inspirasi bagi kita semua. Berikut kata-kata motivasi dan inspiratif dari Om Bob buat kita:
1.      “Orang Goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah, Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.”
2.      “Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH!”
3.      “Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.”
4.      “Ilmu memang berserakan dimana-mana di seluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan seekor ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga.”

Tidak ada komentar