DREAM WITHOUT ACTION IS ZERO!

“It is a terrible thing to see and have no vision”-Hellen Keller
Ungkapan ini sangat cocok untuk menggambarkan diri kita yang harus memiliki visi yang jelas.Sebagai anak muda penerus bangsa kita tentunya harus memiliki visi dan misi. Muda,berprestasi,dan memiliki visi yang jelas merupakan hal yang diinginkan bangsa ini dari kita.
Sebagai anak muda kita memiliki beribu-ribu mimpi namun berapa banyak mimpi kita yang sudah tercapai. Jika jawabannya adalah belum ada maka kita harus bercermin dan bertanya pada diri  sendiri apa yang sudah saya lakukan untuk mewujudkan mimpi saya.Banyak dari kita yang ingin mewujudkan mimpinya namun bingung bagaimana harus memulai mewujudkan mimpi itu.
Ada 4 kebiasaan yang harus dibentuk untuk mewujudkan mimpi kita yaitu :
1.     Miliki Goal yang jelas
Mimpi yang kita miliki harus memiliki goal yang jelas. Goal  yang jelas membuat kita tahu kemana kita harus melangkah. Goal yang kita buat harus mengikuti kaidah SMART. SMART adalah singkatan dari Specific,Measurable,Attainable,Relevant,Timely.
·        Specific artinya goal kita benar-benar jelas dan spesifik.Hindari target yang terlalu umum dan kurang mendetail. Target tidak boleh ambigu.
·        Measurable artinya mimpi kita dapat diukur. Setelah menentukan tujuan kita secra jelas maka langkah selanjutnya yaitu mengukur progress dari tindakan kita. Adanya kemajuan membuat kita semakin semangat untuk mencapai mimpi kita.
·        Attainable artinya mimpi kita harus realistis. Realistis disini artinya target kita tidak boleh terlalu mudah dan juga tidak boleh terlalu sulit karena nantinya akan terasa mustahil untuk dicapai.
·        Relevant artinya relevan dengan target-target lainnya. Sebuah target yang mendukung atau selaras dengan target yang lain akan dianggap sebaga target relevan.
·        Timely artinya tenggat waktu untuk mewujudkan terget kita. Target yang memiliki tenggat waktu akan menimbulkan urgensi sehingga sadar harus segera mencapai target tersebut.

2.     ACTION setiap hari
Jika ingin mimpi kita tercapai maka kita harus bertindak setiap harinya. Sekalipun tindakan yang dilakukan setiap harinya mungkin tidak terlalu berfek tapi yakinlah perlahan-lahan mimpi kita akan tercapai. Setiap hari kita harus mengukur sudah sejauh mana tindakan kita akan mempengaruhi mimpi kita dimasa depan.

3.     Meninju strategi dan kemajuan
Selama kita berusaha untuk mewujudkan mimpi jangan lupa untuk selalu mengevaluasi strategi dan kemajuan yang  didapatkan. Mungkin saja kita harus mengganti strategi dan sasaran.Dengan kita melacak kemajuan maka kita akan mengetahui tindakan mana yang berfungsi dan yang tidak.

4.     Tetap Maju dan Jangan Putus Asa
Selama kita berusaha mewujudkan mimpi pasti akan ada saat dimana kita harus jatuh berkali-kali. Namun ingat kembali apa yang menjadi motivasi awal untuk mewujudkan mimpi. Motivasi yang kuat membuat kita tetap maju sekalipun gagal berkali-kali dan motivasi inilah yang kan membuat kita belajar dari setiap keselahan.

Tidak ada komentar