Cara Memulai Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda



Di zaman sekarang ini, anak muda membutuhkan ide bisnis kreatif agar mempunyai investasi usaha ketika mereka beranjak dewasa. Selain itu, mempunyai bisnis sendiri juga akan menguntungkan mereka ke depannya. Apalagi ditambah pemahaman akan branding adalah suatu soft skill yang semakin dibutuhkan. Tidak ada yang salah dengan bisnis di usia muda. Bahkan kini, anak muda Indonesia diharapkan menjadi enterpreneur sejak dini guna meningkatkan kualitas persaingan Sumber Daya Alam di kawasan Asia Tenggara.Bisnis dengan ide yang kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis. Sayangnya, untuk mencari ide terkadang tidaklah mudah, selalu saja ada hambatan untuk memikirkannya.

Nah, untuk Anda yang ingin mengajarkan anak muda atau diri sendiri untuk menemukan ide bisnis yang berbeda dengan yang lainnya, ikuti caranya dibawah ini.

- Passion
Anda bisa menemukan ide kreatif dari passion yang Anda miliki. Apapun passion Anda, bisa dijadikan ide untuk berbisnis.
Contohnya, jika Anda mempunyai hobby berkreasi dan passion pada tumbuhan, mungkin Anda bisa membuat miniature dari tanaman asli.
Jangan takut jika ide bisnis kreatif Anda terdengar konyol, karena menjadi pebisnis haruslah unik. Apalagi di zaman sekarang yang apapun bisa laku.
Atau jika Anda menyukai barang-barang bekas, Anda bisa mengolahnya menjadi nilai ekonomis. Anda hanya perlu sedikit mengembangkan apa yang ada dalam diri Anda. Terkadang, bisnis yang sukses dimulai dari hal kecil yang disukai.

- Mencari hal langka
Anda juga harus melihat sekeliling Anda ketika untuk mencari ide bisnis yang out of the box. Hal ini nanti bisa mempengaruhi ide dalam Anda berbisnis.
Contohnya, jika Anda bertempat tinggal dikota, Anda bisa membuat ide untuk berbisnis sesuatu yang tidak ada di kota. Atau konsep bisnis Anda bukanlah konsep yang berbau kota. Contohnya café dengan nuansa alam.

- Pikirkan dari sudut lain
Terkadang, untuk mendapatkan ide bisnis biasanya datang dengan begitu saja ketika Anda sedang berpikir dalam sudut lain.
Akan sangat keren jika yang Anda pikirkan adalah mengenai passion untuk bisnis Anda. Pasti ide-ide cemerlang akan muncul.
Jika ide bisnis kreatif telah muncul, ada baiknya untuk menulisnya dan merencanakannya untuk menjadi nyata.



Tidak ada komentar