Usaha-Usaha Yang Trend Saat Ini


1.     Thriftshop Online

        Sesuai dengan namanya, thrift berarti penghematan atau cara dalam penggunaan uang dengan menghindari pemborosan dan store berarti toko. Thrift store dapat diartikan sebagai toko penghematan. Toko yang menjual barang-barang bekas dari luar maupun dalam negeri. Sejak tahun 2013, perdagangan barang bekas mulai masuk ke Indonesia, dimulai dari barang langka hingga barang dengan brand yang terkenal. Akan tetapi, dalam bisnis thrift store, apapun barang serta nama brand nya, selama barang bekas tersebut berkondisi baik dan layak untuk dipakai dapat diperjualbelikan. Thriftshop ada berbagai macam benda bukan hanya pakaian dan sepatu, tetapi ada juga jam, tas, produk rumah tangga, lagi marak saat ini yaitu thriftshop pakaian pria maupun wanita dan seperti ini digemari oleh usia produktif terutama remaja. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena meskipun target pasar Anda hanya usia tertentu. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRTI) pada tahun 2017, menunjukkan bahwa perilaku konsumtif rawan dialami oleh usia remaja karena merupakan masa transisi dari kecil menuju dewasa. Terlebih lagi, di Indonesia penduduk usia produktif merupakan jumlah yang terbanyak. Alasan mengapa orang-orang memilih thriftshop yaitu kekinian, banyak platform, modal kecil untung besar, dan juga banyak peminatnya.

 

2.     Bisnis Coffe Shop

        Anak muda zaman old hingga zaman now pasti memiliki tempat nongkrong untuk bertemu dengan teman-temannya. Biasanya, mereka memilih warung kopi yang tidak terlalu mahal.Seiring dengan berjalannya waktu, warung kopi tersebut bertransformasi menjadi coffe shop yang menarik dan juga nyaman. Oleh karena itu, coffe shop kini menjadi trend bisnis yang menjanjikan. Selain untuk tempat nongkrong, di coffe shop biasanya terdapat wifi untuk bisa terkoneksi dengan internet. Selain wifi, coffe shop juga dibuat semenarik mungkin agar para pengunjung betah berlama-lama. Tak butuh modal lebih untuk membuka coffeshop dan cukup otak yang bisa berkreasi agar dapat para konsumen tertarik untuk nongkrong. Berkerasi seperti ala-ala estetik dan memanjakan mata apalagi di tambah spot foto para intagrameble atau para selebgram-selegram.

3.     Desain Grafis

            Bisnis ini adalah jenis bisnis yang mengandalkan kreatifitas. Banyak perusahaan ataupun instansi yang memerlukan jasa seorang desain grafis untuk membantu memvisualkan produk yang akan diluncurkan.

         Hasil desain tersebut biasanya digunakan untuk promosi sehingga bisa menarik calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain itu, seorang desain grafis juga diperlukan untuk membuat logo ataupun ikon dari perusahaan. Bisnis tentunya sangat menjanjikan seiring dengan berkembangnya teknologi di zaman modern saat ini.

             Apalagi di tambah kondisi wabah yang menyebabkan orang banyak beraktfitas dalam rumah. Orang-orang dapat memesan online tanpa mendatagi toko atau kantor bagi penyedia jasa desain grafis, mereka bisa memesan atau request sesuai keinginan masing-masing dengan jarak jauh. Bisnis ini hanya memodalkan kereatifitas bagi para penyedia jasa desain grafis.

Referensi Link Artikel

https://znews.id/2020/02/14/10-trend-bisnis-anak-muda-zaman-now/

https://www.jurnal.id/id/blog/bisnis-thrift-store/


1 komentar: