Usaha Di Bidang Jasa dengan modal minim


         Halo para pejuang bisnis muda Indonesia ! Dimasa pandemic seperti ini banyak orang yang mengeluh karena pendapatan mereka ngadet, stuck, bahkan menurun ! Ada juga teman wirausahawan kita yang harus gulung tikar karena nggak balik modal. Bahkan ada yang sampai banting stir dalam bidang usaha yang mereka geluti untuk bertahan di kondisi sekarang. Tapi kalian tidak perlu khawatir teman-teman. Kebutuhan dan keinginan kalian bakal terpenuhi kok dengan sedikit-mungkin lebih banyak usaha lagi ! Berikut beberapa usaha di bidang jasa yang bisa kamu jalankan dengan modal yang lumayan minim.

 

1.       Les privat

Bagi kamu yang menguasai satu disiplin ilmu dengan baik, les privat bisa menjadi jalan untuk memulai usaha. Selain tidak membutuhkan modal yang banyak, dengan kondisi sekarang les privat bisa kamu lakukan di rumah. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mengisi bahan bakar kendaraanmu. Cukup dengan pemanfaatan media online dan melakukan pemasaran yang baik sebagai penunjang pengembangan bisnismu.

 

2.       Jasa fotografi dan videografi

Kata orang-orang, mulai bisnismu dengan passion. Untuk kamu yang suka memotret dan mengeditnya sampai terlihat aesthetic, peluang bisnis ini cocok untuk kamu. Apalagi jika peralatan dan perlengkapanmu sudah tersedia di lemari rumahmu. Kamu bisa memulai dari teman sekitarmu,melakukan promosi di media sosial atau bahkan mengunggah hasil potretmu pada situs yang membeli foto. Selain untuk kepentingan iklan produk, kamu juga bisa mencoba untuk melakukan foto prawedding maupun pada saat acara pernikahan.

 

3.       Jasa titip

Traveling kamu bisa menjadi traveling yang berfaedah dan berpenghasilan. Bisa jadi saat teman-temanmu iri dengan foto yang kamu unggah di sosial media, mereka juga iri karena barang yang mereka inginkan ada disana tapi tidak kunjung terbeli.  Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk memulai usaha ini dengan memperluas promosi yah !

 

4.       Jasa pembuatan website dan desain grafis

Kebutuhan orang-orang terhadap website sebagai penunjang usaha mereka tak dapat dipungkiri lagi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah website di seluruh dunia yang hampir mencapai angka2 miliar. Modalnya cukup laptop dan kemampuan coding yang baik, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini.

 

5.       Jasa reparasi

Alat elektonik dan kecanggihannya semakin hari semakin memudahkan pekerjaan manusia. Memberikan informasi, pengolahan data, hingga membantu pekerjaan rumah sudah dapat dilakukannya. Akan tetapi, salah satu peluang bisnis yang dapt diambil dari perkembangan zaman ini ialah jasa reparasi. Jika mesin-mesin itu mengalami kerusakan, orang-orang akan sibuk mencari bantuan untuk memperbaikinya. Disanalah kamu bisa mengambil peuang untuk dijadikan usaha.

 

6.       Penerjemah

Tingkat akurasi Google Translate masih belum sempurna. Jadi, untuk berbagai dokumen atau informasi yang membutuhkan ketepatan, jasa penerjemahan manusia masih menjadi prioritas. Untuk memulai bisnis ini pun hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet serta jangan lupa keahlian kamu di beberapa bahasa. Kamu bisa menerjemahkan buku,artikel,jurnal dan lain-lain. Setelahnya kamu bisa membangun sebuah website portofolio sebagai penunjang kredibilitas kamu sebagai penerjemah.

  

Itulah beberapa peluang bisnis yang bisa kamu lakukan ditengah pandemic saat ini. Kuncinya, perbanyak promosi. Sejauh ini, sudah memilih peluangmu?

 

Sumber :

https://www.niagahoster.co.id/blog/ide-usaha-jasa/?amp

1 komentar: